DESKRIPSI
Peserta diharuskan untuk membangun sebuah mobile robot yang mampu mendorong lawannya dari lingkaran arena yang telah ditentukan dalam aturan kompetisi. Operator harus mengendalikan robot mereka
melalui sebuah radio kontrol (RC).
SYARAT dan KETENTUAN
1. Peserta
Sumo Robot 1 Kg dan 3 Kg adalah SD, SMP, SMA, MAHASISWA dan UMUM.
2. Satu
team terdiri dari (maksimal) 3 orang
3. Kuota
maksimum adalah 40 team
SPESIFIKASI ROBOT
1. Dimensi dan
Berat
a.
SUMO 1 Kg
Ukuran robot
tidak melebihi 20cm ( panjang ) x 20cm ( lebar ) saat kondisi diam/ posisi awal. Tidak ada batasan tinggi dan robot dibolehkan mengalami perubahan bentuk dan ukuran setelah pertandingan
dimulai.
Berat tidak
melebihi 1 kg tidak
termasuk konsol radio kontrol yang digunakan oleh operator.
b. SUMO 3 Kg
Ukuran robot
tidak melebihi 20cm ( panjang ) x 20cm ( lebar ) saat kondisi diam/ posisi awal. Tidak ada batasan tinggi dan robot dibolehkan mengalami perubahan bentuk dan ukuran setelah pertandingan
dimulai. Berat tidak
melebihi 3 kg tidak
termasuk konsol radio kontrol yang digunakan oleh operator.
2. Larangan dalam Desain
a. Tidak diperbolehkan mengganggu radio
kontrol lawan dengan
sengaja menempatkan
perangkat jamming pada
robot.
b. Robot tidak diperbolehkan dengan sengaja merusak arena.
c. Robot tidak diperbolehkan membuang
cairan/ bubuk/ bahan lainnya ke robot lawan.
d. Robot tidak diperbolehkan menggunakan
perangkat yang mudah terbakar sebagai senjata.
e. Robot tidak boleh mencengkeram permukaan arena dengan
menggunakan
diafragma, suction cups, sticky treads , lem atau
perangkat lain sejenisnya.
f. Proyektil
senjata/ gergaji/ pisau dilarang .
3. Frekuensi Radio Kontrol (RC)
a. Frekuensi radio
kontrol tersebut dapat
menggunakan FM 27 MHz,
atau 2.4GHz Digital Spectrum
Modulation ( DSM )
atau bluetooth.
b. Peserta yang
menggunakan 27MHz FM harus mampu beroperasi di salah satu band frekuensinya. Peserta diperbolehkan mengganti sampai dua kali perubahan band frekuensinya dalam
sebuah pertandingan.
Jika robot
gagal untuk melanjutkan setelah dilakukan perubahan band frekuensi 2 kali, maka robot harus keluar/gugur dari permainan.
4. Pelabelan
Semua robot
harus diberi label dengan nama tim mereka di bagian depan robot. minimum ukuran font Arial adalah 24.
5. Pembersihan dari pecahan robot
Item/ spare part yang jatuh dari robot harus dibersihkan dari arena setelah selesai pertandingan .
Item/ spare part yang jatuh dari robot harus dibersihkan dari arena setelah selesai pertandingan .
SPESIFIKASI RING
ARENA
1. Dimensi dan
Material
Ring arena terbuat dari papan Multiplex/ Triplek tebal 20 mm yang dilapisi oleh karet hitam setebal 3 mm. Diameter luar Ring Arena adalah 154 cm.
Ring arena terbuat dari papan Multiplex/ Triplek tebal 20 mm yang dilapisi oleh karet hitam setebal 3 mm. Diameter luar Ring Arena adalah 154 cm.
2. Penandaan
Terdapat dua buah garis berwarna merah/coklat (20cm x 2cm) di tengah ring Arena dengan jarak antar garis 20cm. Garis tersebut menunjukkan posisi awal/ start robot.
Terdapat dua buah garis berwarna merah/coklat (20cm x 2cm) di tengah ring Arena dengan jarak antar garis 20cm. Garis tersebut menunjukkan posisi awal/ start robot.
Garis
berwarna putih dengan lebar 5 cm pada tepi ring merupakan batas luar ring
Arena.
ATURAN
PERTANDINGAN
1. Sistem
Pertandingan
Sistem pertandingan berupa turnamen dengan membagi tim peserta ke dalam kelompok/ grup maksimal 4 robot. Satu babak terdiri dari 3 pertandingan. Setiap pertandingan akan berlangsung selama 2 menit. Satu poin diberikan untuk setiap pemenang pertandingan dan nilai nol diberikan untuk yang kalah/ draw. Jika permainan berakhir dengan tanpa pemenang, tes kekuatan oleh dua robot dilakukan di akhir pertandingan sebagai penentu pemenang babak tersebut.
Sistem pertandingan berupa turnamen dengan membagi tim peserta ke dalam kelompok/ grup maksimal 4 robot. Satu babak terdiri dari 3 pertandingan. Setiap pertandingan akan berlangsung selama 2 menit. Satu poin diberikan untuk setiap pemenang pertandingan dan nilai nol diberikan untuk yang kalah/ draw. Jika permainan berakhir dengan tanpa pemenang, tes kekuatan oleh dua robot dilakukan di akhir pertandingan sebagai penentu pemenang babak tersebut.
2. Pemenang Pertandingan
Sebuah robot menang ketika terdapat bagian dari robot lawan yang menyentuh lantai
Sebuah robot menang ketika terdapat bagian dari robot lawan yang menyentuh lantai
3. Waktu
Persiapan
Peserta akan diberikan waktu persiapan selama 1 menit sebelum memulai pertandingan. Maksimal dua anggota tim yang diperbolehkan untuk melakukan persiapan robot di area pertandingan di bawah pengawasan juri. Perbaikan atau penggantian spare part hanya dibolehkan untuk spare part yang identik/ sama dan baterai.
Peserta akan diberikan waktu persiapan selama 1 menit sebelum memulai pertandingan. Maksimal dua anggota tim yang diperbolehkan untuk melakukan persiapan robot di area pertandingan di bawah pengawasan juri. Perbaikan atau penggantian spare part hanya dibolehkan untuk spare part yang identik/ sama dan baterai.
4. Time Out
Setiap tim hanya akan diberikan waktu Time Out satu kali (1 menit) selama pertandingan satu babak (3 kali pertandingan).Time-out akan berlaku setelah pertandingan dan hanya untuk tim meminta. Perubahan/ penggantian baterai tidak diizinkan selama time-out.
Setiap tim hanya akan diberikan waktu Time Out satu kali (1 menit) selama pertandingan satu babak (3 kali pertandingan).Time-out akan berlaku setelah pertandingan dan hanya untuk tim meminta. Perubahan/ penggantian baterai tidak diizinkan selama time-out.
5. Robot Handler/ Operator
Seorang peserta diperbolehkan untuk menangani hanya satu robot yang sama selama acara berlangsung pada setiap kategori. Handler dan robot akan diidentifikasi selama pendaftaran dan Karantina .
Seorang peserta diperbolehkan untuk menangani hanya satu robot yang sama selama acara berlangsung pada setiap kategori. Handler dan robot akan diidentifikasi selama pendaftaran dan Karantina .
6. Karantina/
Caging
Sebelum dimulai pertandingan, robot harus diperiksa dan dikarantina setidaknya 1 jam sebelum pertandingan dimulai.
Sebelum dimulai pertandingan, robot harus diperiksa dan dikarantina setidaknya 1 jam sebelum pertandingan dimulai.
*Aturan ini di adopsi dari Sumo
Robot Rules Singapore Robotic Games 2014 dengan beberapa modifikasi/ tambahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar